Berapa Kira Kira Tarif Pengacara Pidana?

Categories: Uncategorized
No Comments

Pengacara merupakan seseorang yang wajib Anda hadirkan jika Anda sedang mengalami suatu masalah yang pada akhirnya menyeret Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut di meja hijau. Nah,  pengacara ini nantinya akan membantu Anda untuk memperjuangkan hak – hak Anda serta menegosiasi masalah hukuman yang dijatuhkan oleh hakim untuk Anda. oleh sebab sangat erperannya pengacara atas kelangsungan siding Anda, tentunya bayaran ( fee ) untuk jasa mereka berbanding lurus dengan pelayanan mereka. Sebenarnya, tariff pengacara pidana dan perdata ada banyak macamnya, sesuai dengan kantor hukum yang Anda pilih. Namun, sebelum spesifik untuk mengetahui sekiranya berapa besaran fee yang diberikan untuk tarif pengacara pidana atau perdata, yuk, simak dulu informasi berikut ini yang sehubungan dengan jenis biaya yang mungkin Anda temui dalam menggunakan jasa pengacara.

Patokan Tarif Pengacara di Indonesia

Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai berapa kira – kira tarif pengacara pidanaatau perdata, sebenarnya, untuk patokan tarif seperti itu tidak ada. Hal tersebut murni kesepakatan antara klien dan juga pengacara itu sendiri atau pihak kantor hukum yang menanginya. Namun, tentunya Anda sebagai pengguna jasa pengacara tentunya juga harus memperhatikan beberapa hal mengenai pemberian fee ini, karena tentunya untuk menjadi pengacara bukanlah hal yang mudah, sehingga alangkah lebih baiknya jika Anda tidak langsung membayarnya dengan harga yang biasa saja, ditambah lagi apabila ada beberapa kasus yang dimenangkan oleh pihak Anda, tentunya, pengacara memiliki andil besar dalam proses kemenangan kasus tersebut.

Jenis Fee Pengacara

Meskipun tidak diketahui berapa besaran pasti dari upahh atau bayaran jasa untuk pengacara, namun ada beberapa jenis fee pengacara yang perlu Anda ketahui apabila ingin mempertimbangkan jumlah uang yang diberikan atas jasa pengacara tersebut. Nah, berikut ini adalah rinciannya.

–         Tarif Kontingensi / Contingent Fee

Jenis fee yang pertama yang perlu Anda ketahui adalah tarif kontingensi. Nah, tarif ini merupakan jenis tarif yang memang dibayarkan karena terdapat penetapan bagian atau porsi berupa persenan pembayaran pengacara yang dihitungnya berdasarkan atas nilai total keuntungan akibat adanya kasus yang dimenangkan oleh kliennya. Dengan kata lain, apabila dalam kasus tersebut Anda tidak mendapatkan kemenangan, maka Anda berhak tidak membayar pengacara yang Anda jadikan partner nantinya. Nah, biasanya pengacara nantinya akan memiliki besaran persentase keuntungan yang sebelumnya sudah dibicarakan dan disepakati oleh kedua belah pihak.

–         Tarif Per Jam ( Hourly rate )

Jenis tarif yang kedua adalah tarif per jam. Tariff per jam ini biasanya dilakukan oleh para pengacara yang dalam memberikan jasanya dalam hitungan yangdidasari atas waktu dan dihitung setiap jamnya, dengan nilai yang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak di awal kerja sama. Sehingga biasanya untuk jenis tarif ini sudah dipasang oleh tiap – tiap pengacara itu sendiri atau kantor hukum yang memang menaunginya. Maka dari itu, sebelum menggunakan jasa pengacara tersebut ada baiknya menanyakan kira – kira berapa jumlah yang dibutuhkan untuk tiap jamnya dalam membantu Anda nantinya di persidangan.

–         Retainer Fee

Jenis yang ketiga adalah retainer fee. Retainer fee merupakan salah satu jenis tarif pengacara yang banyak dipakai di perusahaan – perusahaan, dimana dalam penggunaan jasa pengacara ini pembayarannya dilakukan secara berkala dan biasanya memiliki jangka waktu sekitar 1 sampai 2 tahun atau lebih. Nah, biasanya untuk jasa ini yang didapatkan oleh perusahaan adalah seputar nasehat dan masukan yang memiliki kaitan dengan segala kebijakan yang diambil dan masalah hukum yang kira – kira berkaitan.

–         Lump Sum / Borongan

Nah, untuk jenis tarif yang terakhir adalah jenis tarif lump sum atau jenis tarif borongan dimana tarif ini dibayarkan oleh klien dan sudah meliputi untuk semua jasa pelayanan dari pengacara atau kantor hukum yang terkait tersebut. Biasanya, tarifnya juga akan disepakati di awal kerja sama Anda.

Nah, itu dia beberapa jenis tarif pengacara pidana atau perdata yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda ya!

Your Thoughts