Temukan Pengacara Pidana Jakarta Terbaik

Categories: Uncategorized
No Comments

Pengacara, kuasa hukum, atau advokat ialah konsultan hukum. Dimana artinya ialah seseorang yang memberikan atau melakukan nasihat serta pembelaan untuk mewakili orang yang berhubungan atau biasa disebut sebagai klien dalam menyelesaikan sebuah kasus hukum. Pengacara yang baik dalam melaksanakan profesinya harus tunduk terhadap etika profesi.

Peran konsultan dan pengacara sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Konsultan hukum dan pengacara dapat membantu masyarakat untuk memberikan bantuan yang berkaitan dengan hukum, memberikan pembelaan atau nasihat hukum, baik untuk menangani kasus perdata ataupun kasus pidana.

Definisi Pengacara Hukum Perdata dan Pidana

Pengacara pidana ialah seseorang yang memberikan atau melakukan pembelaan dan nasihat kepada klien untuk menyelesaikan sebuah kasus hukum pidana. Sementara itu, definisi pengacara perdata sendiri ialah orang yang memberikan atau melakukan nasihat serta pembelaan untuk mewakili klien dengan menyelesaikan kasus hukum perdata.

Tips Sebelum Sewa Pengacara Pidana Jakarta

Bagi Anda yang ingin menyelesaikan sebuah kasus pidana, untuk orang yang masih awam tentu kebingungan apa saja yang harus diperhatikan. Anda juga mungkin bingung menentukan tarif sewa pengacara pidana Jakarta. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendah atau tingginya tarif seorang advokat, yaitu sebagai berikut :

  1. Nama dan Jam Terbang

Nama pengacara atau rating adalah hal yang paling utama dalam menentukan tarif pengacara atau seorang konsultan hukum. Dimana semakin terkenal nama pengacara tersebut dan semakin tinggi rating-nya, maka akan semakin mahal juga tarif pengacara tersebut. Umumnya harga sebanding dengan nama dan rating pengacara tersebut.

Misalnya, untuk kantor pengacara atau advokat baru dengan pengacara atau advokat yang sudah handal dan malang melintang dalam menangani berbagai kasus, tentu saja tarifnya berbeda. Karena itu, jangan terkejut jika ada kantor advokat/pengacara yang tarifnya sangat fantastis. Itu dikarenakan mereka memiliki rating dan kualifikasi yang sudah tidak diragukan dalam menyelesaikan kasus yang dihadapi para kliennya.

  1. Tingkat Kerumitan Perkara

Tiap kantor advokat atau pengacara biasanya akan memberikan tarif sesuai kebutuhan dan tingkat kerumitan penanganan suatu perkara. Semakin memerlukan penanganan ekstra dan semakin rumit sebuah kasus, tentu bisa berpengaruh pada tarif yang diberikan seorang pengacara itu sendiri.

Misalnya saja, perkara yang dihadapi tak hanya merupakan kasus pidana saja, tetapi juga mengandung atau bersinggungan dengan unsur keperdataan hingga berkaitan dengan Tata Usaha Negara. Ini tentu saja bisa berpengaruh pada penanganan yang dilakukan, karena seorang pengacara akan mengusahakannya tak hanya dalam satu institusi saja, melainkan dalam institusi lainnya yang masih berkaitan dengan masalah hukum tertentu yang dihadapi.

  1. Tingkat Perekonomian Klien

Seorang advokat atau pengacara tak akan menarifkan kemampuan perekonomian para kliennya. Banyak pengacara, konsultan hukum atau advokat yang menawarkan tarif rendah atau bahkan  tanpa biaya sekalipun karena ingin sekali membantu menyelesaikan kasus yang dihadapi seseorang yang tingkat perekonomiannya berada di bawah rata-rata atau kurang mampu. Tapi tak jarang pula ada pengacara yang juga memberikan tarif sangat fantastis untuk orang-orang dengan tingkat perekonomian yang berada di atas rata-rata, tentu saja menyesuaikan tingkat kesulitan kasus yang dihadapinya.

  1. Spesialisasi Pengacara

Seorang pengacara yang telah menekuni hal tertentu atau ahli di bidangnya, tentu lebih mudah dalam menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan bidang/hal yang mereka tekuni. Semakin spesialis pengacara atau seorang advokat maka akan semakin mahal juga tarif yang mereka berikan, hal ini tentunya sesuai dengan bidang atau spesialisasi yang mereka tekuni.

Contohnya saja, seorang pengacara yang menekuni masalah-masalah yang berhubungan dengan kepemiluan, tentu saja ia akan memberikan tarif berbeda atau bisa dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan pengacara yang menangani kasus-kasus keperdataan.

  1. Tempat Tinggal dan Kedudukan Pengacara

Kedudukan dan tempat tinggal pengacara atau advokat adalah salah satu faktor yang bisa berpengaruh terhadap murah atau mahalnya tarif pengacara. Misalnya untuk pengacara pidana Jakarta, yang ternyata ia diharuskan menyelesaikan kasus di daerah Sumatera, tentu ia memerlukan dana ekstra, setidaknya dana untuk biaya operasional atau transportasi yang mengharuskannya datang ke daerah Sumatera untuk menyelesaikan kasusnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak menyewa seorang pengacara pidana Jakarta. Semoga bermanfaat!

Your Thoughts